Mengapa tugas-tugasnya terlihat menakutkan karena begitu banyak tanggungjawabnya, dan siap dengan banyaknya konflik. Ya, memang pada dasarnya HRD memegang titik sentral dalam perusahaan, mengapa demikian?. Tugas utama HRD adalah menempatkan SDM yang sesuai dengan Tujuan dan Standar perusahaan, Right Man on the Right Place. memastikan bahwa seluruh VISI dan MISI Perusahaan dipenuhi.
Berikut beberapa tugas HRD yang saya rangkum dari daftar lowongan kerja. Bagi Anda yang ingin melamar kerja menjadi HRD, pastikan Anda memiliki salah satu kemampuan dalam daftar di bawah ini. Daftar ini belum mencakup seluruh tugas yang biasa dikerjakan oleh HRD , namun dari perbandingan 20 perusahaan yang membuka lowongan kerja untuk HRD, mensyaratkan kita memiliki kemampuan sebagai berikut;
- Recruitment & Selection
- Compensation & Benefit
- Budgeting unit HRD
- Evaluasi jabatan karyawan dan perencanaan jabatan
- Memasang iklan dan seleksi Psikotes
- Membuat Jobdesk dan Jobtask
- TNA (TRAINING NEED ANALYS)
- Training & Development
- Employee Service
- Membuat peraturan perusahaan berdasarkan uu ketenagakerjaan
- Mengevaluasi peraturan perusahaan yang sudah dijalankan
- Mendaftarkan dan memperpanjang peraturan perusahaan
- Coaching personel perusahaan
- PERFORMANCE APPRAISAL/KPI
- Mengajukan Reward & Punishment untuk karyawan
- Membuat SOP bidang HRD
- Membuat form atau blanko HRD
- Monitoring legalitas perusahaan
- Menjadi perwakilan perusahaan dalam pengurusan ketenagakerjaan di disnaker
- Perwakilan perusahaan dalam permasalahan hubungan industrial
- Membuat forecast cashflow untuk HRD
- Memberikan surat pemutusan hubungan kerja/phk
- Memberikan konseling pada karyawan
- Manajemen konflik
Semoga bermanfaat.
0 comments:
Posting Komentar
Silakan beri komentar atau pertanyaan